Popular posts

Unknown On Kamis, 07 Agustus 2014


Ada sekitar satu juta spesies berbeda dari hewan, burung, serangga dan ikan di dunia. Sebagian besarnya masih dapat sering ditemui namun sebagiannya lagi hampir atau bahkan di ambang kepunahan. Berikut 10 fakta menarik tentang hewan, sebagiannya mungkin sudah akrab dengan kita dan mungkin kita akan terkejut tentang beberapa hal mengenainya, dan sebagian lainnya mungkin belum pernah kita dengar sama sekali.
1. Katak Emas Panama
Katak Emas Panama
Image credit: Flickr ucumari
Spesies katak yang menakjubkan ini diberi nama Katak Emas Panama yang tidak memiliki kedua telinga, namun mereka mendengar dengan bantuan paru-parunya.
Ya, paru-parunya memiliki fungsi banyak dengan cara yang paling mengagumkan. Katak-katak ini bukan satu-satunya spesies yang memiliki fugsi indra pendengaran yang unik tapi banyak juga ikan yang memiliki indera pendengaran dengan cara yang sama.
2.  Hewan yang berkelompok
hey..ini sekolah lho...
Image credit: Flickr Madhava Enros
Tahukah Anda bahwa ikan yang bergerombol disebut dengan “sekolah” dan segerombolan burung hantu disebut dengan “parlemen”. Hohohoho….berarti siswa-siswi itu ikan dan anggota DPR itu burung hantu…:)).
3. Sapi
hmm..sumber energi baru nih..
Image credit: Flickr publicenergy
Seekor sapi melepaskan sejumlah besar gas metana setiap harinya. Gas yang dilepaskan oleh sapi ini dapat memenuhi botol berkapasitas 400 liter.
4. Laba-laba janda hitam
Black Widow Spider
Image credit: Flickr Keith T. Robinson
Laba-laba janda hitam, salah satu laba-laba paling beracun yang dapat memintal jaring sutra paling kuat dibandingkan jenis sutra lain di dunia. Fakta menarik lainnya adalah jika burung memakan laba-laba ini, akan keluar cahaya yang terang dari burung tersebut.
5. Burung Pelatuk
heu heu heu heu... heu heu heu heu...hihihihihi...
Image credit: Flickr ChristineLeiser
Burung pelatuk dapat mematuk pohon/kayu sebanyak 20  kali per detik. Total rata-rata patukannya sebanyak 8000 hingga 12000 per hari. Burung pelatuk sukses dijadikan tokoh film kartun oleh seniman Ben Hardway yaitu Woody Woodpecker.
6. Hiu
Hiu
Image credit: Flickr Fordan
Hiu, salah satu spesies terbesar dari ikan, tidak memiliki tulang dalam tubuhnya. Kerangka mereka terbuat dari cartilage (tulang lunak seperti yang manusia miliki pada hidung dan telinga). Hal menakjubkan dari kerangka hiu yaitu kerangka ini dapat hancur dikarenakan berat badannya jika berada di daratan kering.
7. Siput
siput alias keong
Image credit: Flickr jimbrickett
Spesies siput yang diberi nama Siput Kebun ini mempunyai 14.175 gigi yang terletak pada lidahnya. Fakta yang menarik dan unik dari siput ini adalah mereka dapat tidur hingga 3 tahun tanpa terjaga.
8. Kelabang
Kelabang - kaki seribu - centipede
Image credit: Flickr A. Davey
Kelabang sudah ada di bumi sekitar 400 juta tahun yang lalu. Meskipun kelabang dalam bahasa Inggris disebut dengan centipede yang berarti 100 kaki, banyak orang pernah menemukan kelabang yang berukuran lebih besar dengan jumlah kaki lebih dari 300.
9. Hyrax
Hellooowww...dimana mirip gajahnya ???
Image credit: Flickr Jo Mur
Hyrax adalah sejenis kelinci kecil dengan bobot sekitar 2 hingga 5 kg tapi yang mengejutkan hewan ini diketahui sebagai sepupunya gajah. Ya benar, hewan ini relatif lebih mendekati gajah.
10. Dodo
Dodo..kakaknya Didi mungkin ya...:)
Image credit: Flickr Lebatihem
Dodo, salah satu simbol negara Mauritius, jumlahnya tak lebih dari 1.681 lagi di dunia. Meskipun kita dapat melihat bentuk imajiner Dodo dari film dokumenter, bentuk aslinya masih belum diketahui seperti yang pernah tertangkap kamera dan belum pernah ditemukan kerangka lengkapnya.