Popular posts

Unknown On Kamis, 19 Februari 2015



Takut Berbicara Di Depan Umum? Ini Solusinya…
Oleh: Eko Prasetyo Utomo
Image by Eko Prasetyo Utomo
Kamu kesulitan untuk berbicara di depan umum? Merasa tidak percaya diri? Takut ditertawakan? Atau mengalami permasalahan yang lain saat ingin berbicara di muka orang banyak?
Berbicara di depan umum memang bukanlah hal yang mudah. Kita dituntut untuk mampu memengaruhi orang lain baik secara materi maupun emosional. Tetapi, sekarang itu bukan masalah. Ketika kamu ingin berbicara di depan umum, maka KENALI 4 HAL dan JADILAH 1 HAL
.
Pertama, KENALI APA YANG INGIN KAMU BICARAKAN. Persiapkan bahan secara matang dan jika perlu buatlah kerangka agar yang dibicarakan dapat tepat sasaran sesuai tema. Carilah hal-hal unik dari penyampaianmu, dan jadikan itu senjata pamungkas untuk menarik perhatian audiences.
Kedua, KENALI SIAPA YANG KAMU AJAK BICARA. Penting bagi kamu untuk mengenali para audiences. Mulai dari jenis kelamin, usia, bahkan pekerjaan. Dengan mengenali siapa yang diajak bicara, maka kamu akan dapat menentukan bagaimana sikap kamu ketika berhadapan dengan mereka. Misalnya gak akan cocok kalau kamu berbicara dengan gaya bahasa yang tinggi sedangkan para audiencenya adalah masyarakat umum, atau bahkan orang yang sudah Lansia. Jadi sesuaikan aja lah dengan para pendengar. Kamu yang harus mengikuti pendengar, bukan pendengar yang mengikuti kamu.
Ketiga, KENALI WAKTU, SITUASI DAN KONDISI. Tak kalah pentingnya dengan mengenali audiences, waktu dan sikon juga harus diperhitungkan. Waktu dan sikon itu bisa berupa keadaan, suasana, dan termasuk forum pembicaraan. Perhatikan juga tingkat emosional pendengar. Ketika mereka mulai down, maka kamu yang harus mengangkatnya. Seperti halnya makanan yang dibiarkan dingin, lama-kelamaan akan menjadi basi. Sama juga dengan berbicara. Butuh perhatian khusus untuk bisa menyesuaikan tingkat emosi pendengar. Cobalah untuk membuat rangkaian-rangkaian trik untuk menguasai emosi mereka. Misalnya ketika mereka mulai terlihat jenuh dan diam, maka berikan sedikit pemanas dengan berinteraksi dengan mereka atau bisa juga dengan membuat joke-joke ringan untuk membalikkan suasana. Begitu pula sebaliknya. Dan alangkah baiknya jika itu semua telah dipersiapkan dengan matang.
Keempat, KENALI POTENSI DIRIMU. Kenali semua potensi yang kamu miliki, kemudian coba masukkan potensimu itu kedalam pembicaraanmu. Jika kamu merasa orang yang suka bercerita dan guyon, maka ga usah sok serius di depan mereka. Keluarkan saja semua bakatmu di sana. Jika kamu orang yang suka menggambar, maka cobalah untuk menggambarkan apa yang ingin kamu bicarakan. Jika kamu orang yang suka menari, maka gunakan gesture tubuhmu untuk menarik perhatian audiences. Karena tidak semua orang suka dengan hanya mendengar. Beberapa dari mereka juga mudah menerima informasi dengan melihat sesuatu yang unik. Itulah cara-cara orang menerima informasi. Auditori, tipe orang yang mudah menerima informasi jika mendengarnya. Visual, tipe orang yang mudah meneria informasi dengan melihatnya. Kinetik, tipe orang yang mudah menerima informasi jika ia turut melakukannya juga. Dan bahkan ada orang yang merupakan tipe pencampuran dari semuanya. So, keluarkan aja semua bakatmu.
Dan yang terakhir, JADILAH DIRIMU SENDIRI. Kamu ga perlu koq jadi orang lain untuk berbicara. Kenapa harus jadi orang lain, sedangkan kamu sendiri pasti bisa dan bahkan lebih baik dari mereka. Lakukan apapun yang ingin kamu lakukan di depan mereka. Jangan pernah takut untuk mencoba. Intinya adalah dalam berbicara bukan perkara bagaimana cara kamu menyampaikan informasi kepada mereka, tapi bagaimana mereka mampu menerima informasi yang kamu sampaikan secara jelas dan tepat. So, just think what you wanna think, do what you wanna do, and get what you wanna get.
Itulah tadi beberapa solusi yang bisa saya berikan buat teman-teman semua. Ingat ya, cara ini bukanlah cara yang terbaik. Masih banyak cara lain yang bisa kamu gunakan. The choice is in your hand friends
Thank You,,, semoga bermanfaat.

Catatan:
Kritik dan saran sangat diperlukan atas artikel ini. CP: Eko P.U (08971237892) atau Fb di @Eko Prasetyo Utomo Scoutkumansesat